Menu

Mode Gelap
 

Komisi Sekolah Minggu · 4 Mar 2022 09:44 WIT

Komisi Sekolah Minggu Mengadakan Pembekalan Guru-Guru Sekolah Minggu Sentani/Tabi


 Poto Peserta Guru Sekolah Minggu. Gereja Baptis Ramogho Sentani/Tabi  Kamis,03/03/2022 Perbesar

Poto Peserta Guru Sekolah Minggu. Gereja Baptis Ramogho Sentani/Tabi Kamis,03/03/2022

Sentani/Tabi,03/03/2022. Komisi Sekolah Minggu Wilayah Tabi Mengadakan Pelatihan guru-guru. An Yunita Jikwa selaku Ketua komisi Sekolah Minggu, kami bersyukur kepada Tuhan atas ijin dan perkenaan Tuhan Yesus, kami boleh melakukan kegiatan ini sesuai dengan Schedule yang sudah ada;.

”Pembekalan ini khusus Guru Sekolah Minggu, awal persiapan kami tentu ada sedikit kendala namun dengan adanya masukan, dorongan dari pekerja-pekerja Gereja yang peduli tehadap Pelayanan Sekolah Minggu/ masa depan anak dalam pertumbuhan karakter dan Iman akan Kristus yang benar’.

Semangat teman-teman pelayanan di Wilayah Baptis Tabi yang telah hadir dari masing-masing Gereja punya antusias yang benar dan kehadiran peserta dari setiap Gereja yang ada sekitar 90an, jumlah kehadiran yang tidak kami pikirkan, karena persiapan pengurus terbatas.

Terima kasih kepada Guru-guru Sekolah Minggu dengan kehadiran, semangat untuk dapat melibatkan diri dan pengurus Wilayah dalam hal ini Bapak Ketua Wilayah Patinus R Wenda, ST.AM.SBN. yang telah membuka kegiatan dan juga mengukhukan para pengurus yang sudah dilengkapi.

PENYAMPAIAN MATERI DISAMPAIKAN OLEH DUA ORANG NARASUMBER :

1. An. Yunita Yikwa, ST. Dengan materi; Bagaimana peran seorang Guru.

Pertumbuhan rohani anak merupakan tanggung jawab Keluarga ( orangtua) dan Gereja ( Sekolah Minggu). Dalam Ulangan 6 : 5—9 : “ Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu. Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun. Haruslah juga engkau mengikatkannya. sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu, dan haruslah engkau menuliskannya pada tiang pintu rumahmu dan pada pintu gerbangmu.” Dasar dan Tujuan Pelayanan anak Sekolah Minggu adalah : Mengubah hidup anak—anak sehingga mereka menjadi :

  1. Anak yang Takut Akan Tuhan
  2. Anak yang taat
  3. Anak yang mengasihi
  4. Anak yang bertanggung Jawab
  5. Anak yang mengampuni

Guru adalah kunci keberhasilan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu seorang harus menjadi teladan. Pengajaran Kristen yang berhasil dimulai dari diri guru sendiri, ketika ia mengajar firman yang disampaikan kepada anak-anak adalah tentang sesuatu yang telah dialaminya.

2. Karolince Yikwa, M.Pd.K Dengan mareri; Arsitek Jiwa yang Pro Aktif.

Arti Mengajar Mengajar adalah suatu usaha untuk memindahkan pengetahuan / pandangan dan keyakinan sehingga timbul perubahan tingkah laku bagi anak didik yang di ajar itu. Mengajar memiliki unsur: pemindahan pengetahuan, pemindahan ketrampilan, pemindahan sikap, pemindahan kebiasaan.

Tugas guru sebagai pengajar memiliki tiga sasaran yang cukup penting untuk diperhatikan:

Aspek Kognitif (proses berpikir) Pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesa, evaluasi. Membekali pengetahuan dan membimbing anak untuk memperoleh pengalaman belajar dan menerapkan agar tujuan pengajaran dapat tercapai.

Aspek Afektif (nilai atau sikap) Penerimaan, pemberian respon atau partisipasi, penilaian atau penentuan sikap, organisasi, karakterisasi Guru dapat menjelaskan Firman Allah secara tuntas sehingga dapat menggerakkan emosi/perasaan anak. Contoh : anak menangis atas dosa-dosa yang pernah ia perbuat. Anak bersukacita karena mendengar dan menerima janji Allah yaitu hidup kekal yang penuh damai.

Aspek Psikomotorik (ketrampilan) Kemampuan otot dan fisik (peniruan, manipulasi, ketetapan, artikulasi, pengalamiahan, Guru dapat membangkitkan minat/ kemauan anak setelah anak mendengar pengajaran yang disampaikan oleh guru. Praktek hidup yang melibatkan tingkah laku pada anak akibat dari proses belajar mengajar. Berita Firman Allah yang disampaikan oleh guru-guru haruslah dapat menggugah hati anak-anak sehingga anak dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari

Mengajar akan berhasil bila metode yang dipakai sesuai dengan usia dan tingkat pertumbuhan anak. Setiap anak memiliki ciri-ciri khusus yang perlu diketahui oleh guru-guru.

Dengan harapan Bahwa materi yang sudah kami sampaikan tidak hanya menjadi bahan simpanan tapi sebagai guru-guru Sekolah Minggu dibekali dengan pengajaran baru. Ketika ada motivasi, dorongan, dengan itu kita kembali bersemangat menlayani Tuhan khususnya anak-anak Sekolah Minggu agar tujuan anak didik ini menjadi takut akan Tuhan, taat, mengasihi dan mengampuni. Itu tujuan dasar kami dalam kegiatan ini…

Berikut Kami Lampirkan File Pengajaran Dalam Bentuk FDF

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 104 kali

badge-check

Penulis Berita